Wednesday, November 7, 2007

TIP MEMILIH NOTEBOOK/LAPTOP


Akhir-akhir ini perkembangan penjualan notebook/laptop mengalami peningkatan yang sangat mencolok dan nyaris menyamai penjualan personal computer (PC). Laptop sudah tidak lagi sekedar menjadi kebutuhan kerja tetapi sudah hampir menjadi gaya hidup seperti halnya hand phone. Dulu, saya sempat bingung ketika sebagian orang menyebut laptop dan sebagian lagi menyebut notebook, lalu saya bertanya apakah ada bedanya. Ternyata, perbedaannya adalah dari segi etimologi bahasa, pada mulanya ‘lap’ yang berarti pangkuan dan ‘top’ yang berarti atas merupakan nama umum dari komputer yang bisa ditaruh dipangkuan, lalu karena sebagian besar pengguna laptop tidak selalu memangku laptop tetapi ditaruh di meja (karena kalau dipangku panas), maka kata laptop menjadi tidak relevan lagi dan muncullah ‘notebook’ yang diibaratkan komputer kecil yang bisa dilipat-lipat.

Beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan saat kita ingin membeli notebook/laptop :

Fungsi
Yang paling diuntungkan oleh mobilitas laptop adalah seorang penulis, mahasiswa yang sedang skripsi, administrasi, programer dan berbagai jenis pekerjaan yang berbau ‘mengetik’. Jadi, jika anda seorang gamer rasanya kurang begitu bijak untuk membeli laptop karena dengan harga laptop middle end anda sudah bisa mempunyai spesifikasi PC yang tinggi. Kira-kira budget yang dibutuhkan sekitar 4-6 juta, tidak perlu sampai 21 juta jika hanya untuk mengetik dan presentasi dalam sidang.

Garansi dan Operating System
Untuk garansi, pastikan toko tersebut sudah terjamin dalam pelayanan masalah garansi, beberapa penjual memang agak ‘resek’ tentang masalah garansi ini. Atau beli merek yang ada garansi internasional dan lokalnya. Jika ingin OS yang benar-benar asli, biasanya ada serial numbernya di body notebook. Tapi kita kan di Indonesia, tidak perlu repot-repot masalah OS original.

Hardware
Komponen yang paling mempengaruhi harga notebook adalah monitor dan processornya, komponen lain seperti memory, hardisk, kartu grafis, optical drive, wifi, dll biasanya akan mengikuti. Semakin tinggi processor maka komponen lainnya juga semakin lengkap dan bagus, walaupun akan banyak improvisasi dari masing-masing vendor, tapi tidak akan berbeda terlalu jauh. Untuk hal ini, anda sedikit butuh kerja karena anda harus membandingkan harga antara satu toko dengan yang lain untuk spesifikasi yang mirip.

Slowly
Bila anda sungguh-sungguh ingin membeli laptop dengan harga yang cukup murah, usahakan untuk membeli waktu pameran (harga agak miring sedikit, tapi tetap usahakan dari toko yang sudah anda kenal baik pelayanannya)

1 comment:

jnr said...

hai...Tlg skali-kali bt artikel ttg notebook yg merah tp berkualitas.
SoalnTa skrg udh bermacam2 jenis notebook yg beredar.Thank's